Lua merupakan bahasa pemrograman ringkas yang dirancang sebagai bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip dengan semantik yang dapat dikembangkan atau ditambahkan. Sebagai bahasa skrip, Lua memiliki API dalam bahasa C yang relatif lebih sederhana dibandingkan bahasa skrip lainnya.
Keunggulan berikut menjadikan Lua jauh berbeda dari bahasa – bahasa pemrograman lainnya meski bahasa-bahasa lain berbagi sebagian fasilitas berikut dengan Lua,
Berikut adalah keunggulan dari LUA:
1. Extensibility: Extensibility Lua sangat menarik perhatian sehingga banyak orang
menganggap Lua bukan sebagai suatu bahasa, tetapi sebagai suatu perangkat untuk
membangun bahasa-bahasa domain spesifik. Lua telah dirancang untuk
diperluas/diaplikasikan, pada kode Lua dan kode eksternal C. Sebagai suatu bukti
dari konsep, Lua menerapkan banyak kemampuan dasarnya melalui fungsi-fungsi
eksternal. Hal ini sangat mudah untuk menghubungkan Lua dengan C/C++ dan
bahasa-bahasa lain, seperti Fortran, Java, Smalltalk, Ada, bahkan dengan bahasa- bahasa penulisan yang lain.
2. Simplicity: Lua adalah bahasa yang mudah dan sederhana. Lua mempunyai sedikit
konsep (namun tangguh). Kesederhanaan ini membuat Lua mudah dipelajari dan
memperbesar suatu implementasi yang sederhana. Distribusinya yang lengkap
(source program, manual, biner-biner lebih untuk beberapa platform) sesuai dengan
floopy disk.
3. Efisiensi: Lua mempunyai implementasi yang efisien. Benchmark-benchmark yang
mandiri menunjukkan Lua sebagai bahasa tercepat dalam dunia bahasa penulisan
(interpreted).
4. Portabilitas: Ketika kita berbicara tentang portabilitas, kita tidak berbicara tentang
menjalankan Lua di platform Windows dan Unix. Kita berbicara tentang
menjalankan Lua di semua platform yang sudah pernah kita dengar, seperti:
NextStep, OS/2, PlayStation II (Sony), Mac OS-9 dan OS X, BeOS, MS-DOS, IBM,
EPOC, PalmOS, MCF5206ELITE Evaluation Board, RISC OS, dan tentu saja semua
jenis Unix dan Windows. Source program untuk masing-masing platform hampir
sama. Lua tidak menggunakan kumpulan kondisi untuk menyesuaikan kodenya
kepada mesin-mesin yang berbeda; sebagai gantinya, Lua mengikuti standar ANSI (ISO) C. Dengan cara itu, biasanya kita tidak perlu menyesuaikan pada suatu
lingkungan baru.
Installing Lua di Windows 10
Ikuti langkah-langkah ini untuk menginstal Lua di Windows 10. Instruksi ini ditulis untuk Windows 10, tetapi langkah-langkah yang diperlukan untuk menginstal harus serupa pada versi Windows yang lebih lama (dan yang akan datang) juga:
$ sudo apt install lua5.3 #Debian/Ubuntu systems
# yum install epel-release && yum
install lua #RHEL/CentOS systems
# dnf install lua #Fedora 22+
$ sudo apt install build-essential libreadline-dev #Debian/Ubuntusystems
# yum groupinstall "Development Tools" readline #RHEL/CentOS systems
# dnf groupinstall "Development Tools" readline #Fedora 22+
$ mkdir lua_build
$ cd lua_build
$ curl -R -O
http://www.lua.org/ftp/lua-5.3.4.tar.gz
$ tar -zxf lua-5.3.4.tar.gz
$ cd lua-5.3.4
$ make linux test
$ sudo make install
$ lua
Lua-SDL2 adalah binding portabel SDL2, ditulis
dalam bahasa C murni untuk efisiensi. Dengan mencoba untuk tetap sedekat
mungkin dengan SDL, bertindak sebagai binding sederhana daripada mencoba
mendesain ulang interaksi antara programmer dan SDL.
Lua-SDL2 mengambil keuntungan penuh dari
kemampuan berorientasi objek Lua sedapat mungkin, memungkinkan programmer untuk
sepenuhnya memanfaatkan desain berorientasi objek bawaan SDL.
Lua-SDL2 didokumentasikan dengan sangat baik, dengan sumber source kode yang berlebihan, dan referensi API lengkap.
Panduan Installasi Lua SDL2.
Hal yang dibutuhkan
- Lua (http://lua.org),
mandatory (Lua 5.1, LuaJIT, Lua 5.2, or Lua 5.3)
- SDL
2.0.1+ (http://libsdl.org), mandatory
- CMake (http://cmake.org), for
building only
Liblaries optional pada official SDL modules:
- SDL_mixer
(http://www.libsdl.org/projects/SDL_mixer)
- SDL_ttf
(http://www.libsdl.org/projects/SDL_ttf)
- SDL_net
(http://www.libsdl.org/projects/SDL_net)
- SDL_image
(http://www.libsdl.org/projects/SDL_image)
$ tar xvzf Lua-SDL2-version.tar.gz
$ cd Lua-SDL2-version
$ mkdir _build_
$ cd _build_
$ cmake ..
$ make
# make install
0 comments:
Post a Comment