Saturday, October 5, 2019

IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Grafik Komputer dalam Video Games



Grafik komputer adalah seni menggambar gambar, garis, bagan, dll menggunakan komputer dengan bantuan pemrograman. Grafik komputer terdiri dari jumlah piksel. Pixel adalah gambar atau unit grafis terkecil yang terwakili di layar komputer.

Bidang Hiburan pada zaman ini sudah semakin pesat terutama grafik komputer nya yang sudah seperti dengan kehidupan asli,Video Games sering dimainkan dalam kehidupan sehari-hari oleh semua orang, sebelum itu Apa itu Video Games?, Video Games adalah game elektronik yang melibatkan interaksi dengan antarmuka pengguna untuk menghasilkan umpan balik visual pada perangkat tampilan video dua atau tiga dimensi seperti layar TV, headset realitas virtual, atau monitor komputer.
Grafik komputer sekarang sudah berkembang lebih pesat apalagi di dunia hiburan, salah satunya Video Games Counter-Strike

Video Games ini sebelumnya hanya Half Life Mod Counter-Strike yang dibuat oleh Minh Le dan Jess Cliffe pada awal 1999.Ketika Valve membeli hak dan merilis Counter-Strike scara terpisah saat 2003 yang di luncur kan dinamakan Counter-Strike 1.6, Game itu meraih banyak perhagaan. Counter-Strike menggunakan Source Engine.


Grafik Komputer Pada Video Games ada banyak , disini saya hanya menunjukkan sedikit saja

Art , 3 Prinsip Visual Dasar : Color, Shape, Space
·     Color : Warna adalah hasil dari pantulan cahaya dari suatu benda ke mata kita.
·     Shape : Didefinisikan sebagai area dua dimensi yang menonjol dari ruang di sebelah atau di sekitarnya karena batas yang ditentukan atau tersirat, atau karena perbedaan nilai, warna, atau tekstur.
·     Space : ruang berkaitan dengan area jauh di saat desain yang ditentukan, desain akan berlangsung. Untuk desain dua dimensi, ruang memperhatikan penciptaan ilusi dimensi ketiga pada permukaan datar


UI (User Interface), memiliki skema warna, font, shape, dan icon yang berbeda sementara fungsional. Elemen ini paling penting untuk game bisa berkomunikasi pada user.



Video Games memiliki Animation 3D And 2D

2D Animation
Objek 2D Hanya dapat diukur tinggi dan lebarnya dan ada pada ruang 2D, seperti selembar kertas, sedangkan objek 3D memiliki permukaan, melemparkan bayangan, dan dapat diukur dengan panjang, lebar, kedalaman, atau berat.

Untuk teknik 2D Animations :
·     Frame-by-frame : Gambar setiap frame dari animasi.
·     Bone-based : Gambar masing-masing anggota gerak animasi, lalu hidupkan posisi, rotasi, dan yang lainnya dalam permainan. Bisa lebih cepat, lebih mudah, dan menghemat memori.


3D Animation
Objek dalam 3D Animation ada di dunia X,Y,Z dan dapat melakukan hal-hal yang tidak mungkin dalam animassi 2D seperti memiliki volume, memutar 360 derajat dan banyak lagi
3D Animation lebih seperti aslinya karena objek dapat dilihat dari sudut kamera yang berbeda, dapat menyala dari arah yang berbeda, memiliki tekstur yang membuatnya terlihat solid dan dapat ditempatkan dalam  adegan dan elemen langsung


Teknologi sekarang sudah semakin canggih, sampai video games sekarang menggunakan CGI (Computer Generated imagery)
CGI Adalah adalah aplikasi grafik komputer untuk membuat atau berkontribusi pada gambar dalam seni, media cetak, video game, film, program televisi, iklan, video, dan simulator. Adegan visual mungkin dinamis atau statis dan mungkin dua dimensi (2D), meskipun istilah "CGI" paling sering digunakan untuk merujuk pada grafik komputer 3D yang digunakan untuk membuat adegan atau efek khusus dalam film dan televisi.








0 comments:

Post a Comment