Wednesday, March 25, 2020

GAME YANG SANGAT POPULER PADA SETIAP JENIS GAMEPLAY

Game Play


Gameplay adalah istilah yang digunakan untuk menentukan cara pemain berinteraksi dengan video game tertentu. Lebih lanjut dicirikan sebagai cara permainan dimainkan, termasuk aturan, plot, tujuan dan cara menaklukkannya, serta pengalaman keseluruhan pemain.

Pengalaman pemain adalah salah satu faktor terpenting dalam permainan dan membantu menentukan keberhasilan permainan. Playability adalah serangkaian faktor yang mengukur kemudahan atau kenyamanan dan kesenangan dalam memainkan game tertentu. Gameplay mencakup banyak jenis genre, Fitur gameplay mungkin mencakup hal-hal yang dapat dilakukan pemain dengan karakter, seperti menembak, melompat, berenang, membuat item, menggunakan sihir dan bahkan bagaimana permainan menangani kematian pemain.
DOOM (2016)

Ada beberapa tipe jenis Gameplay, yaitu :

Narrative Play :

Menurut J. Hillis Miller, sifat naratif meliputi proses berikut:

Disini saya kasih contoh game THE LAST OF US
§ Situasi: sekumpulan event yang berubah seiring waktu
§ Karakter: narasi disampaikan dalam bentuk representasi sistem
§ Bentuk (Form): representasi terdiri dari pola (patterning) dan perulangan (repetition)

Struktur Narasi :

Elemen permainan dapat memiliki struktur narasi berbentuk:
§ Embedded, yaitu komponen naratif yang sudah disiapkan di dalam game. Contoh: video klip dan adegan bernaskah (cutscenes)
The witcher 3
§ Emergent, yaitu narasi yang dibuat oleh player saat melakukan interaksi dengan game, muncul dari operasi yang dilakukan pada sistem game.
The witcher 3
Narasi pada permainan merupakan kombinasi dari komponen embedded dan emergent.

Deskriptor Narasi :

Deskriptor naratif memiliki dua peran dalam game, yaitu sebagai:
§    Dunia fiktif (fictive world), kerangka besar yang melingkupi seluruh narasi dunia game
§   Kejadian cerita (story event), kejadian individual dari permainan narasi, terbentuk selama game berlangsung
Bloodborne
Kedua peran tersebut saling berhubungan. Dunia fiktif menciptakan ruang narasi yang berkaitan di mana kejadian cerita berlangsung. Kejadian cerita memperluas dan melengkapi duniafiktif.
Jika kedua peran ini seimbang, maka sebuah game dapat dikatakan memiliki konsistensi dan narasi yang jelas.

Social Play 


v   Elemen pada game semuanya memiliki hubungan sosial
v    Interaksi sosial pada game dapat berbentuk internal (dari fungsi dalam game) atau eksternal (dari lingkungan di luar game)
v   Komunitas dalam permainan sosial dapat ditemui dalam single play game, game/series of event, dan game dengan konteks yang lebih luas.
Bloodborne

Player Roles :


v    Peranan pemain merujuk kepada hubungan sosial yang terjadi di antara pemain. Peranan (roles) tersebut tidak tetap dan dapat berubah seiring alur game.
v   Model Bartle membagi roles menjadi empat kategori:
v    Achiever: pemain mengejar power dan experience (exp)
v   Explorer : pemain yang mengeksplorasi tiap ruang pada dunia fiktif game
v   Socializer: pemain yang fokus pada interaksi sosial
v   Killers: pemain ‘antisosial’ yang berusaha menjatuhkan pemain lain
DESTINY 2

Ciri Social Games :


·         Biasanya karakter dalam game meniru struktur sosial pada masyarakat nyata
·         Banyak aktivitas yang bisa dilakukan pemain oleh karakter mereka,  bisa juga memiliki banyak aktivitas dalam satu waktu (model Sutton-Smith)
·         Tiap level akan mengharuskan karakter melakukan aktivitas yang berbeda (dapat berbentuk mission)
·         Biasanya ending dari game tidak didefinisikan dengan jelas
DESTINY 2

Simulation Play : 


v    Simulasi adalah representasi dari aspek kenyataan yang bersifat prosedural. Simulasi memiliki hubungan dengan satu kenyataan (realitas) yang diwakilkan.
v    Banyak jenis simulasi yang bukan merupakan game. Namun, semua game dapat dipandang sebagai simulasi, bahkan meskipun game tersebut tidak mencirikan objek dari realita (dunia nyata).
v   Game simulasi biasanya berjalan secara metafora: game tersebut tidak secara jelas mewujudkan sebuah subjek, namun dapat melakukan aktivitas yang serupa.
Euro Truck Simulator

Ciri Simulasi :


v    Simulasi bersifat abstrak, numerik, terbatas dan sistemis.
v    Designer game harus pandai memilih subjek apa yang akan direpresentasi dan bagaimana menyambungkannya dengan sistem game
v    Simulasi pada game digital dibentuk berdasarkan logika berbasis kasus (case-based logic), dimana hubungan antar elemen didefiniskan secara rinci. Dapat juga dijabarkan secara luas jika player dapat memiliki banyak pilihan (option), disebut logika generalized
Surgeon Simulator

0 comments:

Post a Comment