Game Play
Gameplay adalah istilah yang digunakan untuk menentukan cara pemain berinteraksi dengan video game tertentu. Lebih lanjut dicirikan sebagai cara permainan dimainkan, termasuk aturan, plot, tujuan dan cara menaklukkannya, serta pengalaman keseluruhan pemain.
Pengalaman pemain adalah salah satu faktor
terpenting dalam permainan dan membantu menentukan keberhasilan permainan.
Playability adalah serangkaian faktor yang mengukur kemudahan atau kenyamanan
dan kesenangan dalam memainkan game tertentu. Gameplay mencakup banyak jenis
genre, Fitur gameplay mungkin mencakup hal-hal yang dapat dilakukan pemain
dengan karakter, seperti menembak, melompat, berenang, membuat item,
menggunakan sihir dan bahkan bagaimana permainan menangani kematian pemain.
DOOM
(2016)
Ada beberapa
tipe jenis Gameplay, yaitu :
Narrative Play :
Menurut
J. Hillis Miller, sifat naratif meliputi proses berikut:
Disini saya kasih contoh game THE LAST OF US
§ Situasi:
sekumpulan event yang berubah seiring waktu
§ Karakter:
narasi disampaikan dalam bentuk representasi sistem
§ Bentuk
(Form): representasi terdiri dari pola (patterning) dan perulangan (repetition)
Struktur Narasi :
Elemen
permainan dapat memiliki struktur narasi berbentuk:
§ Embedded,
yaitu komponen naratif yang sudah disiapkan di dalam game. Contoh: video klip
dan adegan bernaskah (cutscenes)
The witcher 3
§ Emergent,
yaitu narasi yang dibuat oleh player saat melakukan interaksi dengan game,
muncul dari operasi yang dilakukan pada sistem game.
The
witcher 3
Narasi
pada permainan merupakan kombinasi dari komponen embedded dan emergent.
Deskriptor Narasi :
Deskriptor
naratif memiliki dua peran dalam game, yaitu sebagai:
§ Dunia
fiktif (fictive world), kerangka besar yang melingkupi seluruh narasi dunia
game
§ Kejadian
cerita (story event), kejadian individual dari permainan narasi, terbentuk selama
game berlangsung
Bloodborne
Kedua
peran tersebut saling berhubungan. Dunia fiktif menciptakan ruang narasi yang
berkaitan di mana kejadian cerita berlangsung. Kejadian cerita memperluas dan
melengkapi duniafiktif.
Jika
kedua peran ini seimbang, maka sebuah game dapat dikatakan memiliki konsistensi
dan narasi yang jelas.
Social Play :
v Elemen
pada game semuanya memiliki hubungan sosial
v Interaksi
sosial pada game dapat berbentuk internal (dari fungsi dalam game) atau
eksternal (dari lingkungan di luar game)
v Komunitas
dalam permainan sosial dapat ditemui dalam single play game, game/series of
event, dan game dengan konteks yang lebih luas.
Bloodborne
Player Roles :
v Peranan
pemain merujuk kepada hubungan sosial yang terjadi di antara pemain. Peranan
(roles) tersebut tidak tetap dan dapat berubah seiring alur game.
v Model
Bartle membagi roles menjadi empat kategori:
v Achiever:
pemain mengejar power dan experience (exp)
v Explorer
: pemain yang mengeksplorasi tiap ruang pada dunia fiktif game
v Socializer:
pemain yang fokus pada interaksi sosial
v Killers:
pemain ‘antisosial’ yang berusaha menjatuhkan pemain lain
DESTINY 2
Ciri Social Games :
·
Biasanya karakter dalam game
meniru struktur sosial pada masyarakat nyata
·
Banyak aktivitas yang bisa
dilakukan pemain oleh karakter mereka, bisa juga memiliki banyak aktivitas
dalam satu waktu (model Sutton-Smith)
·
Tiap level akan mengharuskan
karakter melakukan aktivitas yang berbeda (dapat berbentuk mission)
·
Biasanya ending dari game tidak
didefinisikan dengan jelas
DESTINY 2
Simulation Play :
v Simulasi
adalah representasi dari aspek kenyataan yang bersifat prosedural. Simulasi memiliki
hubungan dengan satu kenyataan (realitas) yang diwakilkan.
v Banyak
jenis simulasi yang bukan merupakan game. Namun, semua game dapat dipandang
sebagai simulasi, bahkan meskipun game tersebut tidak mencirikan objek dari
realita (dunia nyata).
v Game simulasi biasanya berjalan secara metafora: game tersebut tidak secara jelas mewujudkan sebuah subjek, namun dapat melakukan aktivitas yang serupa.
Euro Truck Simulator
Ciri Simulasi :
v Simulasi bersifat abstrak, numerik, terbatas dan sistemis.
v Designer game harus pandai memilih subjek apa yang akan direpresentasi dan bagaimana menyambungkannya dengan sistem game
0 comments:
Post a Comment